TY  - THES
A1  - Oktavia, Dyah Ayu
TI  - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN
MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I B SD
NEGERI NOGOTIRTO
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84224/
M1  - skripsi
Y1  - 2024///
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
ID  - UNY84224
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca
permulaan dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui
penggunaan media flashcard pada siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto yang berjumlah 27 siswa. Penelitian
ini menggunakan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart
yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan
lembar tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan
menggunakan media flashcard pada siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto
mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini terbukti dari peningkatan pencapaian
persentase pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 77,67% pada siklus II.
Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar
64,5% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Selain itu, peningkatan keterampilan
membaca permulaan siswa juga diikuti peningkatan pada nilai rata-rata kelas, yaitu
pada siklus I sebesar 87 dengan kriteria perlu bimbingan, kemudian pada siklus II
meningkat sebesar 91 dengan kriteria berkembang.
Kata Kunci: Keterampilan membaca permulaan, media flashcard, sekolah dasar
AV  - restricted
ER  -