TY - THES A1 - Oktavia, Dyah Ayu TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I B SD NEGERI NOGOTIRTO UR - http://eprints.uny.ac.id/84224/ M1 - skripsi Y1 - 2024/// PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ID - UNY84224 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flashcard pada siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan lembar tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan menggunakan media flashcard pada siswa kelas I B SD Negeri Nogotirto mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini terbukti dari peningkatan pencapaian persentase pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 77,67% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 64,5% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Selain itu, peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa juga diikuti peningkatan pada nilai rata-rata kelas, yaitu pada siklus I sebesar 87 dengan kriteria perlu bimbingan, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 91 dengan kriteria berkembang. Kata Kunci: Keterampilan membaca permulaan, media flashcard, sekolah dasar AV - restricted ER -