<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan terhadap media pembelajaran\r\npada pembelajaran IPAS materi keragaman budaya bagi peserta didik kelas IV.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis\r\narticulate storyline yang layak digunakan pada materi keragaman budaya untuk\r\npeserta didik kelas IV SD Negeri Kotagede 5; (2) menghasilkan multimedia\r\ninteraktif berbasis articulate storyline yang praktis digunakan pada materi\r\nkeragaman budaya untuk peserta didik kelas IV SD Negeri Kotagede 5.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi\r\nmodel pengembangan 4D (Four-D Models) yang dikembangkan Thiagarajan,\r\nSemmel, (1974). Model 4D memiliki 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design\r\n(perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran).\r\nNamun, karena keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai tahap\r\ndevelopment (pengembangan). Penelitian dilakukan di SD Negeri Kotagede 5\r\nYogyakarta dengan subjek uji coba awal 8 peserta didik dan subjek uji coba\r\nkuantitatif 28 peserta didik. Kelayakan produk multimedia interaktif diperoleh\r\ndari penilaian ahli materi dan ahli media. Sedangkan kepraktisan diperoleh dari\r\npenilaian pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan\r\nobservasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data hasil penelitian\r\nmenggunakan deskriptif kuantitatif.\r\nPenelitian ini menghasilkan multimedia interaktif berbasis articulate\r\nstoryline pada materi keragaman budaya yang layak dan praktis digunakan dalam\r\npembelajaran IPAS di kelas IV. Hal tersebut didasarkan pada perolehan hasil\r\nvalidasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,46 termasuk kategori “sangat layak”.\r\nHasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,6 termasuk kategori “sangat\r\nlayak”. Hasil penilaian pendidik dengan skor rata-rata 4,9 termasuk kategori\r\n“sangat praktis”. Hasil uji coba awal dengan skor rata-rata 4,55 termasuk kategori\r\n“sangat praktis”. Hasil uji coba kuantitatif dengan skor rata-rata 4,48 termasuk\r\nkategori “sangat praktis”.\r\nKata Kunci: articulate storyline, kelas IV SD, keragaman budaya, media\r\npembelajaran, multimedia interaktif"^^ . "2024-11-12" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Deannisa Ervina"^^ . "Dewanty"^^ . "Deannisa Ervina Dewanty"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS\r\nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA\r\nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #84222 \n\nPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS \nARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA \nUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 5 \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kebudayaan"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .