eprintid: 84212 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/42/12 datestamp: 2024-11-08 07:14:41 lastmod: 2024-11-08 07:14:41 status_changed: 2024-11-08 07:14:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Annisa, Nurul title: PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SURYODININGRATAN 2 ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada siswa kelas IV di SD Negeri Suryodiningratan 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Siklus terdiri atas beberapa tahap yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2, yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2 pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dibuktikan dengan persentase keaktifan belajar siswa yang meningkat. Pada pra siklus, persentase siswa aktif sebesar 48%. Selanjutnya pada siklus I persentase siswa yang termasuk dalam kategori aktif meningkat sebesar 56%. Setelah dilakukan refleksi dan upaya perbaikan pada siklus I, pada siklus II persentase siswa aktif kembali meningkat sebesar 88%. Kata kunci: keaktifan belajar, siswa kelas IV, Talking Chips date: 2024-11-08 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Annisa, Nurul (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SURYODININGRATAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84212/1/Nurul%20Annisa%20-%20File%20Skripsi%20Fulltext.pdf