TY - THES TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ASPEKIBADAH MELALUI PENGEMBANGAN DIRI PADA SISWAKELASIII DI SDIT IBNU MAS?UD A1 - Damayanti, Ika Septi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/84154/ Y1 - 2024/11/04/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ID - UNY84154 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikankarakter religius aspek ibadah melalui pengembangan diri pada siswa kelas III di SDIT Ibnu Mas?ud. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius aspekibadah melalui pengembangan diri pada siswa kelas III di SDIT Ibnu Mas?ud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjekpenelitian yaitu kepala sekolah, siswa dan guru kelas III. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji keabsahannyamenggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan nilai religius aspek ibadah yang ditanamkanpada siswa kelas III adalah nilai ketaatan beribadah, ketertiban beribadah, dankecintaan beribadah. Strategi implementasi yang digunakan yaitu melalui pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian. Faktor pendukung implementasi adalah sekolah mengadakankegiatan pembinaan untuk guru dan kegiatan parenting untuk orangtua. Sementara faktor penghambatnya adalah kedisiplinan siswa dan kurangnyadukungan orang tua di rumah. Kata kunci: pendidikan karakter, aspek ibadah, pengembangan diri AV - restricted ER -