relation: http://eprints.uny.ac.id/84148/ title: STUDI KOMPARASI BUKU TEKS SAINS SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN SINGAPURA MATERI TUMBUHAN KELAS IV creator: Ahsani, Lina Anggita subject: Ilmu Pengetahuan Alam subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Literasi sains adalah aspek krusial yang harus ada dalam buku teks sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan buku teks sains Indonesia dengan negara yang memiliki skor PISA tertinggi di bidang sains, yaitu Singapura. Materi yang dianalisis adalah Tumbuhan, karena materi ini memiliki cakupan yang cukup banyak dan rumit, mengandung banyak kosa kata baru, serta memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu document analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan review dokumen dengan instrumen berupa tabel analisis buku teks aspek literasi sains yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles, Huberman, & SaldaƱa, 2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks sains Indonesia dan Singapura memiliki persamaan dan perbedaan yang cukup berarti. Persamaan yang dimiliki meliputi frekuensi yang sama dalam empat aspek dan menggunakan why question dalam menyajikan konten pada dimensi sains sebagai cara berpikir. Perbedaan yang dimiliki yaitu dominasi yang berbeda dari dimensi literasi sains antara kedua buku teks dan terdapat empat indikator spesifik yang hanya ada dalam buku teks sains Indonesia. Kata Kunci : Perbandingan Buku Teks, Indonesia, Singapura, Literasi Sains, Tumbuhan. date: 2024-11-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/84148/1/SKRIPSI%20FIXED%20FULLTEXT_LINA%20ANGGITA%20A.pdf identifier: Ahsani, Lina Anggita (2024) STUDI KOMPARASI BUKU TEKS SAINS SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN SINGAPURA MATERI TUMBUHAN KELAS IV. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.