TY - THES Y1 - 2024/08/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dalam pendidikan jasmani terhadap kecakapan hidup peserta didik. (2) Perbedaan pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap kecakapan hidup peserta didik. (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dalam pendidikan jasmani dan tingkat kecerdasan emosional terhadap kecakapan hidup peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Jurusan Bisnis Manajemen di SMK N 1 Tempel tahun ajaran 2023/2024 sejumlah 288 peserta didik . Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X AKL 1 dan X MPLB 3 dengan perlakuan model kooperatif Jigsaw dan kelas X AKL 3 dan X MPLB 2 dengan perlakuan model kooperatif STAD yang masingmasing kelas berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kecerdasan emosional (?=0,928) dan kuesioner kecakapan hidup (?=0,971). Teknik analisis data menggunakan ANAVA two-way pada taraf signifikansi 0,05, serta uji lanjut menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dalam pendidikan jasmani terhadap kecakapan hidup peserta didik, dengan nilai F 4,606 dan nilai signifikansi p sebesar 0,034 < 0,05. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah terhadap kecakapan hidup peserta didik, dengan nilai F 32,609 dan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dengan kecerdasan emosional terhadap kecakapan hidup peserta didik, dengan nilai F 0,723 dan nilai signifikansi sebesar 0,487 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dalam pendidikan jasmani terhadap kecakapan hidup peserta didik, di mana model Jigsaw dan STAD memberikan efek yang berbeda secara berarti. Selain itu,tingkat kecerdasan emosional peserta didik juga berpengaruh signifikan terhadap kecakapan hidup, dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi berkorelasi dengan kecakapan hidup yang lebih baik. Namun, tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD dengan kecerdasan emosional terhadap kecakapan hidup peserta didik. TI - Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD Terhadap Kecakapan Hidup Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional AV - public N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd. ID - UNY84118 PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UR - http://eprints.uny.ac.id/84118/ M1 - tesis KW - Jigsaw KW - kecakapan hidup KW - kecerdasan emosional KW - model pembelajaran KW - STAD A1 - Husaini, Mustofa Kamal ER -