%0 Thesis %9 S1 %A PRIMA, HERANITA %A ESTI SWATIKA SARI, M.Hum., %A DWI HANTI RAHAYU, M.Pd., %A Dr. KASTAM SYAMSI, M.Ed., %A Prof. Dr. PUJIATI SUYATA, %B FAKULTAS BAHASA DAN SENI %D 2012 %F UNY:8404 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T HUBUNGAN KUALIFIKASI GURU DENGAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/8404/ %X Penelitian ini memiliki satu tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualifikasi guru dengan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di kabupaten Sleman yang berjumlah 55 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman pengamatan. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Product Moment Correlation dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualifikasi guru dengan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan analisis Product Moment Correlation yang menghasilkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,989 dengan p sebesar 0,011 kurang dari 0,05. Perbedaan kualifikasi guru menyebabkan adanya perbedaan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dimiliki oleh guru. Artinya, Guru yang memiliki kualifikasi tinggi akan memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang tinggi, sebaliknya, guru yang memiliki kualifikasi rendah akan memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang rendah pula.