%I UNY %D 2012 %T Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Salero 1 Kota Ternate Maluku Utara %L UNY8402 %K lingkungan sekitar, aktivitas, hasil belajar, tematik %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar pada pembelajaran tematik keperluan sehari-hari di kelas 3 SDN Salero 1 Kota Ternate, Maluku Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi/pengamatan, dokumentasi, kuisioner dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi pembelajaran siswa, soal tes, kuisioner. Data hasil observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas 3 di SDN Salero 1 Kota Ternate, Maluku Utara adalah 70 sebagai indikator dalam keberhasilan penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media dalam pembelajaran tematik tema keperluan sehari-hari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa, menunjukkan rata-rata persentase pada siklus 1 sebesar 64,84%. Pada siklus 2, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu menjadi 82,145%. (2) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pada pembelajaran tematik tema keperluan sehari-hari di kelas III SDN Salero I dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pra tindakan sebesar 60,67 meningkat pada siklus 1 menjadi 73,67. Pada siklus 2 hasil belajar siswa menjadi 92,5. Ketuntasaan belajar secara klasikal siswa meningkat, pada pra tindakan ketuntasan secara klasikalnya adalah 20%, pada siklus 1 mencapai 70% dan pada siklus 2 mencapai 93%. %A S.A. Sakat