relation: http://eprints.uny.ac.id/83965/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG MATERI SIMBOL-SIMBOL DALAM LAMBANG GARUDA PANCASILA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI BEJI creator: Fahrurozi, Luthfi subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar subject: Kewarganegaraan dan Hukum description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle berbasis augmented reality tentang materi Simbol-Simbol dalam Lambang Garuda Pancasila untuk peserta didik kelas III sekolah dasar yang layak dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang sudah dimodifikasi menyesuaikan keterbatasan peneliti. Peneliti hanya melakukan lima tahapan prosedur dari sepuluh tahapan yang ada. Lima tahapan yang dilakukan peneliti adalah penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran puzzle berbasis augmented reality tentang lambang-lambang dalam Lambang Garuda Pancasila layak digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik kelas III sekolah dasar. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,33 (sangat baik). Hasil penilaian oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,4 (sangat baik), sehingga dapat dinyatakan layak. Berdasarkan hasil uji coba lapangan pada peserta didik media pembelajaran puzzle berbasis augmented reality tentang lambang-lambang dalam Lambang Garuda Pancasila memperoleh rata-rata skor 4,87 (sangat baik). Dan pada uji coba lapangan pada guru memperoleh skor 4,3 (sangat baik), ssehingga dapat dinyatakan praktis. Kata kunci: media pembelajaran, puzzle, augmented reality, materi simbol-simbol dalam lambang Garuda Pancasila, peserta didik kelas III, Sekolah Dasar. date: 2024-10-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/83965/1/Luthfi%20Fahrurozi.pdf identifier: Fahrurozi, Luthfi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG MATERI SIMBOL-SIMBOL DALAM LAMBANG GARUDA PANCASILA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI BEJI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.