relation: http://eprints.uny.ac.id/83962/
title: ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PONDOK PESANTREN   (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman)
creator: AYUNI, AYUNI
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis prestasi siswa  sekolah dasar yang berasal dari pondok pesantren beserta hambatan yang dialami  serta faktor yang memengaruhinya.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan  subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Subjek penelitian ini yaitu  wali kelas V SD Negeri Gamol, siswa kelas V SD Negeri Gamol yang berasal dari  pondok pesantren NI, dan pengasuh pondok pesantren NI. Pengumpulan data  penelitian dilaksanakan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menerapkan model Miles & Huberman (1984) meliputi tahap  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji  keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketercapaian prestasi belajar  kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren baru mencapai 3 aspek, yaitu  pada kemampuan hafalan, pemahaman, dan penerapan, serta belum mencapai 3  aspek prestasi belajar kognitif lainnya yang meliputi kemampuan analisis, sintesis,  dan evaluasi, 2) Hambatan yang dialami siswa sekolah dasar dalam mencapai  prestasi belajar kognitif meliputi; (a) rendahnya motivasi belajar, (b) rendahnya  kedisiplinan belajar, (c) siswa mengantuk saat kegiatan pembelajaran, (d)  kurangnya pendampingan belajar, serta (e) lingkungan belajar yang kurang  kondusif, 3) Faktor yang memengaruhi proses belajar dan ketercapaian prestasi  belajar kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren meliputi; (a) motivasi  belajar, (b) kedisiplinan belajar, (c) pendampingan belajar, (d) lingkungan belajar,  dan (e) daya tangkap siswa terhadap materi pembelajaran.     Kata kunci : Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Pondok Pesantren
date: 2024-10-23
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/83962/1/Anggita%20Oktavia.pdf
identifier:   AYUNI, AYUNI  (2024) ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman).  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.