@phdthesis{UNY83962,
          author = {AYUNI AYUNI},
           month = {October},
            year = {2024},
           title = {ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PONDOK PESANTREN 
(Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman)},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/83962/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis prestasi siswa
sekolah dasar yang berasal dari pondok pesantren beserta hambatan yang dialami
serta faktor yang memengaruhinya.
 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan
subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Subjek penelitian ini yaitu
wali kelas V SD Negeri Gamol, siswa kelas V SD Negeri Gamol yang berasal dari
pondok pesantren NI, dan pengasuh pondok pesantren NI. Pengumpulan data
penelitian dilaksanakan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menerapkan model Miles \& Huberman (1984) meliputi tahap
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketercapaian prestasi belajar
kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren baru mencapai 3 aspek, yaitu
pada kemampuan hafalan, pemahaman, dan penerapan, serta belum mencapai 3
aspek prestasi belajar kognitif lainnya yang meliputi kemampuan analisis, sintesis,
dan evaluasi, 2) Hambatan yang dialami siswa sekolah dasar dalam mencapai
prestasi belajar kognitif meliputi; (a) rendahnya motivasi belajar, (b) rendahnya
kedisiplinan belajar, (c) siswa mengantuk saat kegiatan pembelajaran, (d)
kurangnya pendampingan belajar, serta (e) lingkungan belajar yang kurang
kondusif, 3) Faktor yang memengaruhi proses belajar dan ketercapaian prestasi
belajar kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren meliputi; (a) motivasi
belajar, (b) kedisiplinan belajar, (c) pendampingan belajar, (d) lingkungan belajar,
dan (e) daya tangkap siswa terhadap materi pembelajaran. 

Kata kunci : Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Pondok Pesantren}
}