%0 Thesis %9 S1 %A Azizah, Ika Nur %B PGSD %D 2024 %F UNY:83958 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STAD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KAPANEWON PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/83958/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran teams games tournament dengan model pembelajaran STAD yang digunakan pada muatan pembelajaran materi IPS ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas V SD Se-Gugus V Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan bentuk pretest-post-test group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Gugus V Kapanewon Playen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel dari kelas V SDN Banaran I sebagai kelompok eksperimen I berjumlah 19 peserta didik dan kelas V SDN Ngleri sebagai kelompok eksperimen II berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament lebih efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD SeGugus V Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai │thitung│= 0,731 < ttabel = 2,021 dengan signifikansi sebesar 0,469 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Rata-rata pretest kelompok eksperimen I sebesar 68,47 sementara rata-rata posttest 69,84 sedangkan rata-rata pretest kelompok eksperimen II sebesar 67,87 sementara rata-rata posttest 68,65. Hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi daripada model STAD. Kata kunci: Efektivitas, TGT, STAD, Keaktifan Belajar