@phdthesis{UNY83957,
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
           title = {PENINGKATAN PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS III DI SD KALIDADAP, IMOGIRI, BANTUL},
            year = {2024},
           month = {October},
          author = {Adisna Nadia Phafiandita},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas III 
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SD
Kalidadap tahun ajaran 2022/2023. 
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek
penelitian siswa kelas III yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua
siklus. Data dikumpulkan dengan skala. Teknik analisis data dengan
menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan
penelitian ini adalah rata-rata percaya diri siswa kelas III minimal mencapai
persentase sebesar 75\% yang termasuk pada kategori sangat tinggi. 
Kegiatan pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dilakukan
dengan menerapkan langkah persiapan, pembentukan kelompok, diskusi masalah, 
mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan pemberian kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas III SD Kalidadap dapat
ditingkatkan melalui model Think Pair Share. Peningkatan percaya diri dapat
dilihat dari hasil skala. Hasil skala menunjukkan adanya peningkatan sebesar
11,10\% dari siklus I sebesar 71,55\% meningkat di siklus II menjadi 82,65\%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share
pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas III di SD
Kalidadap. 

Kata kunci : percaya diri, model Think Pair Share},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/83957/}
}