%0 Thesis %9 S2 %A Rusmawan, Rusmawan %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:8393 %I UNY %K kesulitan belajar IPS, minat belajar IPS, motivasi belajar IPS, dukungan orang tua, strategi pembelajaran IPS %T Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa SD di Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/8393/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan letak kesulitan belajar siswa SD dalam mata pelajaran IPS; dan (2) menjelaskan hubungan minat belajar IPS, dukungan orang tua berdasarkan persepsi siswa, strategi pembelajaran IPS berdasarkan persepsi siswa, dan motivasi belajar IPS terhadap kesulitan belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD tahun pelajaran 2011/2012 di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian adalah 369 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive cluster sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen tes dan skala. Validitas instrumen diperoleh dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan Cronbach Alpha. Hasil ujicoba masing-masing instrumen menunjukkan koefisien alfa sebagai berikut: (1) instrumen tes (α=0,837), (2) skala minat belajar IPS (α=0,723), skala dukungan orang tua (α=0,702), skala strategi pembelajaran (α=0,711), dan skala motivasi belajar (α=0,706). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar IPS siswa SD Kelas V Semester I di Kabupaten Sleman terutama terletak pada kompetensi dasar mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan rata-rata nilai 31,5 dan kompetensi dasar menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan rata-rata nilai 42,7. Materi-materi pada kompetensi dasar tersebut bersifat abstrak namun pemanfaatan media dan keterlibatan siswa kurang optimal; (2) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara minat belajar IPS dengan kesulitan belajar IPS, ada hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran IPS dengan kesulitan belajar IPS, ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar IPS dengan kesulitan belajar IPS, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan kesulitan belajar IPS. Besarnya hubungan antara minat belajar IPS dengan kesulitan belajar IPS adalah -0,274; strategi pembelajaran IPS dengan kesulitan belajar IPS adalah -0,136; motivasi belajar IPS dengan kesulitan belajar IPS adalah -0,114, dan dukungan orang tua dengan kesulitan belajar IPS adalah -0,039.