%0 Thesis %9 S1 %A Amanah, Anna Fahmi %A Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:83914 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K context, input, process, product, evaluasi, PJOK %T Evaluasi Context, Input, Process, Product Kelas Atas Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Bantul Warung %U http://eprints.uny.ac.id/83914/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PJOK menggunakan model evaluasi CIPP (Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation) di Sekolah Dasar Negeri Bantul Warung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, serta 9 peserta didik kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran evaluasi model CIPP yaitu (1) Context Evaluation bahwa relevansi materi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013; (2) Input Evaluation bahwa latar belakang guru PJOK sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 serta sarana dan prasarana tidak sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008; (3) Process Evaluation sesuai kualifikasi Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016; (4) Product Evaluation bahwa 9 peserta didik memenuhi nilai KKM. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd.