TY  - THES
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan
antara dukungan orang tua terhadap student engagement kelas V SD Negeri se-Gugus
II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post
facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II
Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul sebanyak 210 siswa dengan sampel penelitian
sebanyak 138 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Uji
validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement dan
validasi konstruk dengan teknik item corrected, sedangkan untuk uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji
normalitas dan uji linearitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi
dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara dukungan orang tua terhadap student engagement (r: 0,591, p: 0,000).
Hal ini berarti bahwa semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi pula
student engagement. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah pula student engagement. Artinya Ha diterima. Dukungan orang tua berpengaruh terhadap student engagement sebesar 35% sedangkan 65% lainnya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: dukungan orang tua, student engagement, sekolah dasar
ID  - UNY83907
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/83907/
Y1  - 2024/10/22/
M1  - skripsi
A1  - Salamah, Siti Nurul
TI  - PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KAPANEWON KASIHAN KABUPATEN BANTUL
ER  -