relation: http://eprints.uny.ac.id/83907/ title: PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KAPANEWON KASIHAN KABUPATEN BANTUL creator: Salamah, Siti Nurul subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap student engagement kelas V SD Negeri se-Gugus II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul sebanyak 210 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 138 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement dan validasi konstruk dengan teknik item corrected, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap student engagement (r: 0,591, p: 0,000). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi pula student engagement. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah pula student engagement. Artinya Ha diterima. Dukungan orang tua berpengaruh terhadap student engagement sebesar 35% sedangkan 65% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: dukungan orang tua, student engagement, sekolah dasar date: 2024-10-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/83907/1/Siti%20Nurul%20Salamah.pdf identifier: Salamah, Siti Nurul (2024) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KAPANEWON KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.