relation: http://eprints.uny.ac.id/83907/
title: PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KAPANEWON KASIHAN KABUPATEN BANTUL
creator: Salamah, Siti Nurul
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan  antara dukungan orang tua terhadap student engagement kelas V SD Negeri se-Gugus  II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post  facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II  Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul sebanyak 210 siswa dengan sampel penelitian  sebanyak 138 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Uji  validitas instrumen menggunakan validasi isi dengan teknik expert judgement dan  validasi konstruk dengan teknik item corrected, sedangkan untuk uji reliabilitas  menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji  normalitas dan uji linearitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi  dan uji regresi linear sederhana.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan  signifikan antara dukungan orang tua terhadap student engagement (r: 0,591, p: 0,000).  Hal ini berarti bahwa semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi pula  student engagement. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah pula student engagement. Artinya Ha diterima. Dukungan orang tua berpengaruh terhadap student engagement sebesar 35% sedangkan 65% lainnya  dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.    Kata kunci: dukungan orang tua, student engagement, sekolah dasar
date: 2024-10-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/83907/1/Siti%20Nurul%20Salamah.pdf
identifier:   Salamah, Siti Nurul  (2024) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KAPANEWON KASIHAN KABUPATEN BANTUL.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.