eprintid: 83900
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/39/00
datestamp: 2024-10-22 03:41:17
lastmod: 2024-10-22 03:41:37
status_changed: 2024-10-22 03:41:37
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Ayuningtyas, Dhevanendra
title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI
DENGAN METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI SONOSEWU
ispublished: pub
subjects: media_pend
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran
keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan metode guided writing
pada siswa kelas V SD Negeri Sonosewu dan 2) meningkatkan keterampilan
menulis karangan deskripsi menggunakan metode guided writing pada siswa kelas
V SD Negeri Sonosewu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SD Negeri Sonosewu. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang berlangsung selama dua siklus dan terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan kualitas proses pada tiap-tiap indikator di setiap pertemuan dengan perolehan nilai hasil observasi kegiatan guru sebesar 70,83 pada siklus I menjadi 89,58 pada siklus II. Sedangkan, nilai hasil
observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 58,95% menjadi 95% pada siklus II;
2) hasil tes unjuk kerja menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan pada
setiap indikatornya didukung dengan adanya nilai rata-rata kelas yang diperoleh
pada siklus I sebesar 72,63 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,36; serta 3)
presentase ketuntasan klasikal siswa meningkat sebesar 61,11% pada siklus I
menjadi 81,24% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa kualitas proses dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V
SD Negeri Sonosewu dapat ditingkatkan melalui metode guided writing.
Kata kunci: guided writing, karangan deskripsi, keterampilan menulis, sekolah
dasar
date: 2024-10-22
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Ayuningtyas, Dhevanendra  (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SONOSEWU.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/83900/1/TAS_Dhevanendra%20Ayuningtyas_20108241111.pdf