TY  - THES
ID  - UNY83895
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/83895/
Y1  - 2024/10/22/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
TI  - PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD NEGERI GANTANG 1
 
Oleh:
A1  - Jati, Doni Purnomo
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III 
pada pembelajaran bermuatan PPKn di SD Negeri Gantang 1 melalui penggunaan
metode pembelajaran talking stick.  
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Gantang 1
Magelang dengan subyek penelitian kelas III yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, skala, dan dokumentasi.
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala keaktifan
belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran talking stick dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD Negeri Gantang 1 pada muatan
pembelajaran PPKn. Hasil rata-rata skor observasi keaktifan belajar siswa tahap pra
siklus adalah 60% (sedang), siklus I menjadi 82% (tinggi), dan meningkat pada siklus
II mencapai 93% (sangat tinggi). Kemudian hasil rata-rata skala keaktifan belajar
siswa tahap pra siklus adalah 69% (sedang) dengan persentase jumlah siswa tuntas
31% atau 4 siswa, siklus I menjadi dengan persentase 79% (tinggi) dengan jumlah
persentase siswa tuntas 85% atau 11 siswa, dan meningkat pada siklus II mencapai
88% (sangat tinggi) dengan persentase jumlah siswa tuntas 100% atau 13 siswa.

Kata kunci: keaktifan belajar, metode talking stick
ER  -