<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA \r\nsiswa kelas V SD Negeri Puren Tahun Ajaran 2022/2023 melalui model pembelajaran\r\nKooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). \r\nJenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini\r\nadalah siswa kelas V SD Negeri Puren sebanyak 26 siswa. Instrumen pengumpulan\r\ndata yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, lembar\r\nobservasi dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Analisis data\r\nyang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. \r\nBerdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model\r\nPembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan\r\nMotivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Puren Tahun Ajaran\r\n2022/2023. Pembelajaran dengan bentuk kompetisi atau tantangan dalam NHT yang\r\ndalam pelaksanaannya disertai dengan pemberian reward serta melakukan percobaan,\r\ndapat membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar IPA sehingga hasil belajar yang\r\ndiperoleh pun meningkat. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan\r\nadanya peningkatan persentase skor motivasi belajar IPA yang didapat melalui angket\r\nyang didistribusikan kepada siswa diperoleh skor sebesar 69,08% pada siklus I\r\nmeningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Dari data hasil belajar IPA yang diperoleh,\r\nnilai rata-rata post test siswa pada siklus I sebesar 82,6. Pada siklus II, nilai rata-rata\r\npost test siswa mengalami peningkatan sebesar 87,3. Selain itu, terdapat peningkatan\r\nhasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan post test\r\nsebesar 4,7 serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan\r\nMinimal (KKM) dari 69,23% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 84,61%. \r\n\r\nKata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Motivasi dan Hasil Belajar IPA"^^ . "2024-10-22" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Zalfa Rafinda"^^ . "Astri"^^ . "Zalfa Rafinda Astri"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #83885 \n\nPENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI PUREN\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .