TY - THES M1 - skripsi AV - public N1 - Dosen Pembimbing: Faidillah Kurniawan, M.Or. A1 - Prasetyo, Dhimas N2 - Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk meningkatkan kemampuan olahraga, namun tidak semua anak terlahir dalam keadaan sehat dan sempurna. Proses pengembangan potensi olahraga anak tunagrahita memerlukan kerjasama yang utuh antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil minat partisipasi olahraga pada tuna grahita di sekolah luar biasa (SLB) kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam pelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian melibatkan guru olahraga, kepala sekolah dan siswa tuna grahita. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan profil pemetaan minat partisipasi olahraga pada siswa tunagrahita di SLB Pembina dan SLB N 2 Kota Yogyakarta bahwa proses identifikasi minat olahraga dimulai dengan pengamatan langsung oleh guru olahraga dan dilengkapi dengan wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang minat dan kebiasaan siswa terkait olahraga. Pendekatan ini digunakan sekolah untuk merancang program olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Minat olahraga pada siswa tuna grahita sangat beragam, dengan beberapa siswa menunjukkan minat pada berbagai jenis olahraga seperti sepak bola, bola basket, bulu tangkis, tenis meja dan atletik. TI - Profil Pemetaan Minat Partisipasi Olahraga Pada Tuna Grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Yogyakarta KW - pemetaan KW - minat KW - partisipasi olahraga KW - tuna grahita KW - SLB Kota Yogyakarta PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UR - http://eprints.uny.ac.id/83863/ Y1 - 2024/07/25/ ID - UNY83863 ER -