%I UNY %T Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Peserta Didik SMP Kelas VII %D 2012 %L UNY8385 %K pendekatan problem solving, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah %A Riyanti Riyanti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh pendekatan problem solving terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik SMP kelas VII dan (3) perbedaan rata-rata motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment research), dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Mlati, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling; dari empat kelas diambil dua kelas, yaitu kelas VII A dengan jumlah peserta didik sebanyak 38 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VII D dengan jumlah peserta didik 37 siswa sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui angket untuk motivasi, dan tes untuk kemampuan pemecahan masalah IPA. Validitas dan realibilitas instrumen motivasi belajar dihitung dengan program Iteman dan instrumen kemampuan pemecahan masalah IPA dihitung dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Analisis data menggunakan statistik uji independent sample test untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem solving terhadap motivasi belajar. Analisis uji ANACOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA dengan pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Analisis uji MANOVA digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah IPA antara peserta didik pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendekatan problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA di SMPN 2 Mlati Kabupaten Sleman, (2) pendekatan problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik kelas VII di SMPN 2 Mlati dengan pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, dan (3) ada perbedaan rata-rata motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah IPA yang signifikan antara kelompok yang menggunakan pendekatan problem solving dengan kelompok yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA pada kelas VII di SMPN 2 Mlati Kabupaten Sleman.