%0 Thesis %9 S2 %A Arifianto, Muhammad %A Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:83810 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K alat pemukul, pengembangan, permainan kasti, sekolah dasar %T Pengembangan Alat Pemukul Permainan Kasti Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/83810/ %X Tujuan penelitian: (1) menghasilkan produk pengembangan alat pemukul permainan kasti untuk peserta didik sekolah dasar (SD), (2) memahami kelayakan dari produk pengembangan alat pemukul permainan kasti untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada peserta didik SD, dan (3) memahami keefektifan produk pengembangan alat pemukul permainan kasti untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dalam meningkatkan keterampilan memukul peserta didik di SD. Penelitian ini tergolong sebagai Research and Development (R&D) ataupun penelitian pengembangan, dengan tahapan berupa: 1) potensi dan permasalahan; 2) mengumpulkan informasi; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi produk; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba lebih luas; dan 9) revisi model akhir. Subjek uji coba yang diterapkan berupa peserta didik kelas 3 SD Negeri Dalangan 1 Minggir di Kepanewon Minggir. Kemudian untuk subjek uji coba berskala kecil yakni 6 peserta didik, sementara untuk yang berskala besar yakni 12 peserta didik. Sampel ditentukan melalui penggunaan purposive sampling, sementara untuk instrumen yang dipilih berupa angket, diantaranya lain angket kelayakan pengembangan alat pemukul sebagai media pembelajaran permainan bola kasti untuk ahli materi dan ahli media, serta angket respons penilaian peserta didik. Data yang didapat kemudian akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui persentase. Berdasar dari hasil yang didapatkan bisa dipahami (1) pengembangan produk alat pemukul permainan kasti melalui sembilan tahapan pengembangan, (2) kelayakan alat pengembangan dinilai berdasarkan pada a) uji coba validitas ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,89 tingkat pencapaian 97,78% kategori “Sangat Layak” b) uji coba validitas ahli media memperoleh rata-rata nilai 4,83 tingkat pencapaian 96,67% kategori “Sangat Layak” c) uji coba kelayakan skala kecil peserta didik memperoleh rata-rata nilai 4,62 nilai persentase sebesar 87,23% kategori “Sangat Layak” d) uji coba kelayakan skala besar melalui angket menunjukkan rata-rata nilai 4,95 nilai persentase 99,10% kategori “Sangat Layak”, (3) Sesuai dengan uji T didapatkan mean post-test senilai 85,42 > mean pre-test senilai 41,67. Peningkatan tersebut bisa dinyatakan signifikan dikarenakan sig (2tailed) senilai 0,000 (< 0,05). Artinya produk pengembangan alat pemukul permainan kasti sangat layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran PJOK pada peserta didik SD. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.