%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Peserta Didik Kelas 5 terhadap pembelajaran Rugby di Sekolah Dasar Kotagede 5 Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman. Instrumen yang telah tersusun tersebut divalidasi dan dinyatakan layak oleh dosen pembimbing untuk digunakan sebagai instrumen penelitian dan kemudian dilakukan analisis butir soal. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 28 peserta didik kelas 5 dari Sekolah Dasar Kotagede 5 Yogyakarta, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini pemahaman peserta didik kelas 5 terhadap pembelajaran PJOK dengan materi pembelajaran Rugby di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta berada pada kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 7,14% (2 peserta didik), kategori tinggi dengan persentase 89,29% (25 peserta didik), kategori sedang dengan persentase 3,57% (1 peserta didik), kategori rendah dengan persentase 0,00% (0 peserta didik), dan kategori sangat rendah dengan persentase 0,00% (0 peserta didik). %D 2024 %A Fakhrun Nisa Priyany %T Pemahaman Peserta Didik Kelas 5 Terhadap Pembelajaran Rugby di SD Negeri Kotagede 5 %O Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %L UNY83794 %K pemahaman, PJOK, rugby