@phdthesis{UNY83789, title = {Hubungan antara Media Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Senam Lantai Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta}, author = {Athif Nurfajar Adzani}, month = {July}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Ari Iswanto, M.Or.}, year = {2024}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/83789/}, keywords = {motivasi belajar, media pembelajaran, siswa}, abstract = {Terdapat permasalahan yang berkaitan dengan kurangnya motivasi belajar senam lantai dan guru PJOK belum memaksimalkan media pembelajaran secara optimal pada siswa kelas VII di SMP N 4 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat berguna dalam pengembangan disiplin ilmu pendidikan yang memberikan penjelasan secara terperinci dan sistematis mengenai hubungan media pembelajaran dengan motivasi belajar senam lantai siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 161 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan proporsional stratified random sampling serta didasarkan pada tabel sampel Krejcie dan Morgan sampel berjumlah 113 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey dengan instrumen menggunakan angket. Instrumen penelitian angket media pembelajaran dan motivasi belajar senam lantai dengan skala yang digunakan berupa Skala Likert yang sudah keduanya dinyatakan valid dan memperoleh skor reliabilitas sebesar 0,960 untuk media pembelajaran, sedangkan untuk tingkat motivasi belajar memperoleh skor reliabilitas sebesar 0,913. Analisis data menggunakan pearson correlation product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data dan prasyarat analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar senam lantai siswa kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta, dengan nilai r hitung = 0,208 {\ensuremath{>}} r tabel = 0,183 dan nilai signifikansi 0,027 {\ensuremath{<}} 0,05. Hasil tersebut bernilai positif, yang berarti semakin baik penggunaan media pembelajaran, maka semakin baik pula tingkat motivasi belajarnya.} }