%0 Thesis %9 S1 %A Utamy, Enjang Rista %A Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:83775 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K kartu bergambar (llash card), kognitif, peserta didik kelas IV, psikomotorik %T Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Kognitif dan Psikomotorik Pembelajaran Sepak Bola di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk %U http://eprints.uny.ac.id/83775/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) terhadap aspek kognitif dan psikomotorik pada pembelajaran sepak bola kelas IV di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian “Pretest Posttest Control Group Design”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk. Subjek penelitian ini meliputi peserta didik kelas IV dengan jumlah keseluruhan 50 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket pengetahuan dan tes keterampilan sepak bola yang terdiri dari 3 item tes untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) berpengaruh terhadap kognitif dan psikomotorik peserta didik kelas IV pada pembelajaran sepak bola. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan yang signifikan pada hasil pengukuran kognitif maupun psikomotorik. Berdasarkan kriteria pengukuran Uji T didapati hasil tes kognitif dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,002 dan tes psikomotorik dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Bergambar (Flash Card) berpengaruh terhadap kognitif dan psikomotorik peserta didik kelas IV pembelajaran sepak bola di SD Muhammadiyah Unggulah Al-Fatik Patuk. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.