@phdthesis{UNY8375, month = {September}, title = {STUDI KOMPARASI MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA PRAKTIKUM REAL DAN PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA N 3 BANTUL }, author = { Fitriani Eka}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, keywords = {raktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika raktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika }, url = {http://eprints.uny.ac.id/8375/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah yang lebih baik terhadap penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan tingkat penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum virtual. Pengambilan data dilakukan pada kelas X4 (kelas praktikum virtual) dan kelas X5 (kelas praktikum real) di SMA N 3 Bantul menggunakan tes penguasaan konsep fisika siswa materi hukum ohm. Data berupa nilai tes penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t (Independent Sample t-test) pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum virtual, model inkuiri bebas termodifikasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar P = 0,719, pada taraf signifikansi 5\%. Karena P {\ensuremath{>}} 0,05 maka H0 diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat penguasaan konsep fisika pada siswa yang belajar menggunakan praktikum real dan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi, yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan praktikum real dan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi memberikan dampak yang sama terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Kata kunci : praktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika } }