TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan passing sepak bola pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa tes passing pada peserta didik dan penilaian mengenai penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukorejo, Kecamatan Wedi dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap keterampilan passing sepak bola peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukorejo secara keseluruhan adalah berada pada kategori ?Sangat Tinggi? 11%, kategori ?Tinggi? 13%, kategori ?Sedang? 42%, kategori ?Rendah? 34%, dan kategori ?Sangat Rendah? 0%. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa tingkat keterampilan passing sepak bola pada penerapan metode pembelajaran tutor sebaya peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukorejo dikatakan berhasil dengan kategori ?Sedang? diikuti dengan responden pada kategori ?Tinggi? dan kategori ?Sangat Tinggi? lebih banyak dari ketidak berhasilan saat penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. ID - UNY83704 AV - public A1 - Shalahuddin, Naufal Zuhair UR - http://eprints.uny.ac.id/83704/ M1 - skripsi N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/07/26/ KW - metode pembelajaran KW - metode tutor sebaya KW - passing sepak bola TI - Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Sukorejo ER -