%T IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I siswa melakukan kegiatan menulis kreatif puisi dengan pendekatan proses yang diakhiri dengan pembacaan di depan kelas sebagai cara publikasi. Pembelajaran pada siklus II siswa melakukan kegiatan menulis kreatif puisi dengan pendekatan proses yang disertai dengan diskusi, hasil publikasi pada siklus II dilakukan melalui internet dengan membuat blog. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 15 Yogyakarta, yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian berupa proses pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan pendekatan proses. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa pengamatan, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengna cara analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisi data yang berupa deskripsi diserta dengan perhitungan sederhana, dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses. Secara proses keberhasilan ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan siswa, kegiatan belajar lebih komunikatif dan bermakna dengan adanya diskusi yang berlangsung, serta pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan yang terlihat dari perilaku siswa yang tidak mengeluh ketika pembelajaran berlangsung. Ketrampilan siswa secara produk ditunjukkan dengan hasil yang meningkat pada setiap akhir siklus. Aspek penilaian meliputi 5 aspek yaitu diksi, gaya bahasa, kesesuaian judul dan tema, pemajasan, dan amanat. Berdasarkan 5 aspek tersebut diperoleh rerata pada pratindakan sebesar 65, sedangkan pada akhir siklus kedua rerata siswa meningkat menjadi 80, sehingga dari kegiatan prasiklus sampai siklus kedua telah terjadi kenaikan sebesar nilai sebesar 15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta. %A FATMANIA NINNDA %L UNY8367