eprintid: 83636 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/36/36 datestamp: 2024-10-08 03:09:33 lastmod: 2024-10-08 03:09:33 status_changed: 2024-10-08 03:09:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Habiburrahman, Fauzan Asa corp_creators: Dr. Martono, M.Or. title: Manajemen Strategis Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pusat Kebugaran: Studi Multi Kasus Dua Tipe Fitness Center di Bogor ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: manajemen strategis, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, pusat kebugaran note: Dosen Pembimbing: Dr. Martono, M.Or. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan fitness center pusat perkotaan bogor; (2) manajemen strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan fitness center pinggiran perkotaan bogor; (3) perbedaan manajemen strategis dari dua tipe fitness center untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan; (4) hubungan manajemen strategis dari dua tipe fitness center untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Reborn berjumlah 120 orang dan Fithub berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan dua tipe fitness center yang berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah response rate (angket) dan a multi-phased deductive coding approach (wawancara). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen strategis yang diterapkan oleh Reborn Fitness dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan termasuk kategori sangat baik. (2) Manajemen strategis yang diterapkan oleh Fithub Fitness dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan termasuk kategori baik sekali. (3) Manajeman strategis yang diterapkan oleh Fithub Fitness dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan lebih baik dari Reborn Fitness. Hal ini dinyatakan karena skor penilaian yang didapatkan Fithub Fitness lebih tinggi dibandingkan dengan skor Reborn Fitness. (4) Manajeman strategis yang diterapkan oleh dua tipe fitness center yaitu Reborn Fitness dan Fithub Fitness memiliki hubungan dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dinyatakan karena masing-masing fitness center berhasil meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam kategori sangat baik. date: 2024-07-22 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: Habiburrahman, Fauzan Asa (2024) Manajemen Strategis Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pusat Kebugaran: Studi Multi Kasus Dua Tipe Fitness Center di Bogor. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83636/1/fulltext_fauzan%20asa%20habiburrahman_22611251056.pdf