%0 Thesis %9 S1 %A Putra, Ryan Aditya Rama %A Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:83635 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K faktor pendukung, guru, permainan tradisional, peserta didik, PJOK %T Faktor Pendukung Pembelajaran PJOK Materi Permainan Tradisional di SMP Negeri Se-Wilayah Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/83635/ %X Permainan tradisional merupakan materi yang tercantum dalam kurikulum nasional. Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan harus mengajarkan materi permainan tradisional pada peserta didiknya, namun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti pengetahuan guru, sumber belajar, ketersediaan sarana prasarana, kurikulum, alokasi waktu dan dukungan dari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor pendukung pembelajaran PJOK materi permainan tradisional di SMP Negeri se-Wilayah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di SMP Negeri se-Wilayah Kabupaten Sleman. Sampel yang digunakan adalah 31 guru dari 17 SMP Negeri pada 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman menggunakan teknik cluster sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase faktor pendukung pembelajaran PJOK materi permainan tradisional di SMP Negeri se-Wilayah Kabupaten Sleman yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup mendukung, kurang mendukung dan tidak mendukung. Hasil penelitian ini menujukan persentase masing-masing faktor dengan hasil faktor guru pada kategori cukup mendukung sebesar (32,30%); faktor kurikulum pada kategori mendukung sebesar (51,60%); faktor sarana dan prasarana pada kategori cukup mendukung sebesar (35,50%); dan faktor lingkungan pada kategori mendukung sebesar (51,60%). Dari keempat faktor tersebut faktor kurikulum dan faktor lingkungan menjadi faktor pendukung dominan bagi seorang guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran PJOK materi permainan tradisional di SMP Negeri se-Wilayah Kabupaten Sleman karena memiliki persentase sama besar yaitu 51,60% dan termasuk klasifikasi mendukung. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.