TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dampak penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik kelas V, (2) Mengetahui faktor yang dapat menjadi penyebab perubahan perilaku kesopanan peserta didik akibat penggunaan media sosial TikTok, (3) Mengetahui jenis tayangan di media sosial TikTok yang mempengaruhi kesopanan peserta didik kelas V SD Negeri Tlogoadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan pusposive sampling, yaitu peserta didik kelas V (RTS, IAF, dan ATP). Lokasi penelitian adalah lingkungan Sekolah Dasar Negeri Tlogoadi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Dampak dari penggunaan media sosial pada peserta didik yaitu peserta didik mencontoh dan melakukan tindakan yang sesuai dengan tayangan yang dilihatnya pada media sosial TikTok. (2) Peserta didik laki-laki tidak merasa dikucilkan jika tidak menggunakan TikTok, sementara peserta didik perempuan seperti RTS merasa dikucilkan hingga membuat akun TikTok karena mendapat pengaruh teman-teman. (3) Peserta didik lebih menyukai konten hiburan daripada konten edukatif. Kata kunci: Kesopanan, Peserta Didik, TikTok Y1 - 2024/10/07/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Aunillah, Fadhilah Ismiyatun ID - UNY83603 M1 - skripsi AV - restricted TI - ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA KESOPANAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TLOGOADI UR - http://eprints.uny.ac.id/83603/ ER -