%A TRISNANI NOVY %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan dari model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan think talk write ditinjau dari minat dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Panjatan Kulon Progo yang terdiri dari dua kelas untuk dikenai perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan non tes yaitu angket minat terhadap matematika dan tes kemampuan komunikasi matematika. Koefesien reliabilitas untuk masing-masing instrumen tes dan non tes berturut-turut adalah 0,799 dan 0,810. SEM dari masing-masing instrumen tes dan non tes, berturut-turut adalah 2,186 dan 0,810. Untuk mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe TTW pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe TTW, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan ditindaklanjuti dengan analisis secara univariat pada taraf signifikansi 0,025 untuk pengujian dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari minat dan kemampuan komunikasi matematika siswa; 2) model pembelajaran kooperatif tipe TTW efektif ditinjau dari minat dan kemampuan komunikasi matematika siswa; dan 3) Terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe TTW ditinjau dari minat dan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas V SD N Panjatan Kulon Progo. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Think Talk Write, minat terhadap matematika, dan kemampuan komunikasi matematika. %K Team Assisted Individualization, Think Talk Write, minat terhadap matematika, dan kemampuan komunikasi matematika. %L UNY8359 %T KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN THINK TALK WRITE DITINJAU DARI MINAT DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SD %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA