%0 Thesis %9 S1 %A Sari, Sabrina Mulia %B PGSD %D 2024 %F UNY:83584 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MAGNET ALFABET UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD SONOSEWU KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/83584/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran Papan Magnet Alfabet yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas I SD Sonosewu; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Papan Magnet Alfabet; dan 3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran Papan Magnet Alfabet. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SD Sonosewu Kabupaten Bantul. Uji coba yang dilaksanakan, yaitu small group trial dan field trial. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 2 guru dan 50 peserta didik kelas I. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes kemampuan awal, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran Papan Magnet Alfabet yang dihasilkan layak dan praktis yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan kelayakan media diperoleh melalui validasi materi dan validasi media, serta kepraktisan media diperoleh melalui angket penilaian respons guru dan peserta didik; 2) media Papan Magnet Alfabet yang dikembangkan memperoleh kriteria “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas I SD Sonosewu; dan 3) media Papan Magnet Alfabet yang dikembangkan memperoleh kriteria “sangat praktis” digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas I SD Sonosewu. Kata Kunci : media pembelajaran, membaca permulaan, papan magnet alfabet