%D 2024 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS V SD PANGGANG BAMBANGLIPURO BANTUL %L UNY83583 %A Tri Hartati %X Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan pertama adalah mendeskripsikan perencanaan asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka kelas V SD Panggang. Tujuan kedua adalah mendeskripsikan pelaksanaan asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka kelas V SD Panggang. Tujuan ketiga adalah mendeskripsikan pengolahan hasil asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka kelas V SD Panggang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Penelitian dilakukan di SD Panggang pada bulan Januari – April 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan sumber data dari kepala sekolah, dua guru kelas, dan dua siswa kelas V. Uji kredibilitas pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru merencanakan asesmen pembelajaran berupa diagnostik, formatif, dan sumatif sesuai dengan kurikulum dan modul ajar yang dibuat. Pelaksanaan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif dilaksanakan secara tes tertulis, tes lisan, observasi, maupun produk. Pengolahan hasil asesmen diagnostik digunakan untuk merencanakan pembelajaran, asesmen formatif untuk mengoreksi pembelajaran sebelumnya, dan asesmen sumatif untuk menentukan tingkat capaian siswa. Kata Kunci: Asesmen, Diagnostik, Formatif, Sumatif