%A Nepsta Ellynlouis Berthania %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aspek epistemologi dan aspek didaktis yang dipertimbangkan dalam desain didaktis pembelajaran matematika materi penyajian data kelas IV SD; (2) mengembangkan desain didaktis untuk mengajar materi penyajian data kelas IV SD; (3) mengetahui bahwa desain didaktis yang dirancang mampu menghantarkan kepada pengetahuan ilmiah dalam materi penyajian data siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode desain didaktis yang menggunakan tiga langkah yakni, prospective analysis, metapedadidactic analysis, dan retrospective analysis. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri Karangmojo II. Penelitian diawali dengan identifikasi learning obstacle peserta didik pada materi penyajian data untuk dijadikan acuan dalam penyusunan learning trajectory yang dikembangkan menjadi desain didaktis. Desain didaktis diimplementasikan dalam lima teaching experiment untuk kemudian dilakukan revisi atas hasil implementasi demi mencapai pengetahuan ilmiah peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aspek epistemologi dan aspek didaktis yang dipertimbangkan dalam desain didaktis diketahui melalui tes dan wawancara identifikasi learning obstacle sehingga ditemukan lima learning obstacle tipe epistemological obstacle diantaranya peserta didik tidak bisa membedakan pertanyaan investigatif dan non-investigatif, kesulitan melakukan penghitungan pada diagram gambar, tidak teliti untuk membaca keterangan yang tertera dalam diagram, belum mampu membuat diagram batang, dan kesulitan menginterprestasikan data pada diagram. Selain itu ditemukan didactical obstacle berupa keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran guru dan belum ada strategi khusus yang digunakan dalam membelajarkan materi penyajian data; (2) desain didaktis berhasil dibuat dengan membandingkan situasi didaktis hipotetik dengan hasil metapedadidactic analysis yang terdiri dari 1) Pengenalan Data; 2) Konsep Perbandingan; 3) Diagram Gambar; 4) Diagram Batang; 5) Interpretasi Data (3) desain didaktis telah berhasil menghantarkan peserta didik pada perubahan pengetahuan ke pengetahuan ilmiah yang dianalisis melalui hasil kerja pada lembar siswa dan refleksi pembelajaran. Kata Kunci : Desain Didaktis, Learning Obstacle, Learning Trajectory, Penyajian Data %L UNY83547 %T DESAIN DIDAKTIS UNTUK PEMBELAJARAN MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR %D 2024 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi