<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DESAIN DIDAKTIS UNTUK PEMBELAJARAN MATERI\r\nPENYAJIAN DATA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aspek epistemologi dan aspek\r\ndidaktis yang dipertimbangkan dalam desain didaktis pembelajaran matematika\r\nmateri penyajian data kelas IV SD; (2) mengembangkan desain didaktis untuk\r\nmengajar materi penyajian data kelas IV SD; (3) mengetahui bahwa desain didaktis\r\nyang dirancang mampu menghantarkan kepada pengetahuan ilmiah dalam materi\r\npenyajian data siswa kelas IV SD.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian yang mengadopsi pendekatan kualitatif\r\ndengan metode desain didaktis yang menggunakan tiga langkah yakni, prospective\r\nanalysis, metapedadidactic analysis, dan retrospective analysis. Subjek pada\r\npenelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri Karangmojo II. Penelitian\r\ndiawali dengan identifikasi learning obstacle peserta didik pada materi penyajian\r\ndata untuk dijadikan acuan dalam penyusunan learning trajectory yang\r\ndikembangkan menjadi desain didaktis. Desain didaktis diimplementasikan dalam\r\nlima teaching experiment untuk kemudian dilakukan revisi atas hasil implementasi\r\ndemi mencapai pengetahuan ilmiah peserta didik.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aspek epistemologi dan aspek\r\ndidaktis yang dipertimbangkan dalam desain didaktis diketahui melalui tes dan\r\nwawancara identifikasi learning obstacle sehingga ditemukan lima learning\r\nobstacle tipe epistemological obstacle diantaranya peserta didik tidak bisa\r\nmembedakan pertanyaan investigatif dan non-investigatif, kesulitan melakukan\r\npenghitungan pada diagram gambar, tidak teliti untuk membaca keterangan yang\r\ntertera dalam diagram, belum mampu membuat diagram batang, dan kesulitan\r\nmenginterprestasikan data pada diagram. Selain itu ditemukan didactical obstacle\r\nberupa keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran guru dan belum ada strategi\r\nkhusus yang digunakan dalam membelajarkan materi penyajian data; (2) desain\r\ndidaktis berhasil dibuat dengan membandingkan situasi didaktis hipotetik dengan\r\nhasil metapedadidactic analysis yang terdiri dari 1) Pengenalan Data; 2) Konsep\r\nPerbandingan; 3) Diagram Gambar; 4) Diagram Batang; 5) Interpretasi Data (3)\r\ndesain didaktis telah berhasil menghantarkan peserta didik pada perubahan\r\npengetahuan ke pengetahuan ilmiah yang dianalisis melalui hasil kerja pada lembar\r\nsiswa dan refleksi pembelajaran.\r\nKata Kunci : Desain Didaktis, Learning Obstacle, Learning Trajectory, Penyajian\r\nData"^^ . "2024-10-03" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Nepsta Ellynlouis"^^ . "Berthania"^^ . "Nepsta Ellynlouis Berthania"^^ . . . . . . "DESAIN DIDAKTIS UNTUK PEMBELAJARAN MATERI\r\nPENYAJIAN DATA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . "HTML Summary of #83547 \n\nDESAIN DIDAKTIS UNTUK PEMBELAJARAN MATERI \nPENYAJIAN DATA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .