eprintid: 83523 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/35/23 datestamp: 2024-10-03 02:38:41 lastmod: 2024-10-03 02:38:41 status_changed: 2024-10-03 02:38:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyah, Nur title: PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KUARTET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS V SD GUGUS 2 KAPANEWON KRETEK KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: C3 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Fenomena kurangnya guru dalam mengeksplore media pada materi keragamanan budaya Indonesia di SD gugus 02 Kapanewon Kretek menjadi latar belakang penelitian ini. Analisis kebutuhan dilapangan peserta didik membutuhkan media gambar berbasis permainan pada ragam budaya tari tradisional, makanan tradisional, pakaian adat, dan senjata tradisional. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui pengembangan media gambar berbasis kuartet pada pembelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya Indonesia di kelas V SD Gugus 2 Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul; (2) Membuat media gambar berbasis kuartet pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya Indonesia yang layak digunakan kelas V SD Gugus 2 Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul; (3) Membuat media gambar berbasis kuartet pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya Indonesia yang praktis digunakan kelas V SD Gugus 2 Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan peneliti yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan hasil uji coba lapangan utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di 5 Sekolah Dasar Gugus 2 wilayah Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul yaitu SDN Cimpon, SDN Tirtosari, SDN Tirtohargo, SDN Karen, dan SDU Muhammadiyah Kretek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil dari pengembangan media pembelajaran kartu kuartet dinyatakan layak dan sangat praktis untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V Sekolah Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media dengan memperoleh persentase 83% kategori layak dan validasi materi dengan memperoleh persentase 82% dalam kategori layak. Hasil perolehan persentase pada uji coba lapangan utama 95% dari guru dengan kategori sangat praktis dan memperoleh 90% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak dan praktis sehingga direkomendasikan untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : Keragaman Budaya Indonesia, Pendidikan Pancasila, Pengembangan Media, Siswa Kelas V SD date: 2024-10-03 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Aisyah, Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KUARTET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS V SD GUGUS 2 KAPANEWON KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83523/1/PENELITIAN%20SKRIPSI%20Y%20REVISI%20FIPPP.pdf