<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KUARTET PADA\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN\r\nBUDAYA INDONESIA DI KELAS V SD GUGUS 2 KAPANEWON\r\nKRETEK KABUPATEN BANTUL"^^ . "Fenomena kurangnya guru dalam mengeksplore media pada materi\r\nkeragamanan budaya Indonesia di SD gugus 02 Kapanewon Kretek menjadi latar\r\nbelakang penelitian ini. Analisis kebutuhan dilapangan peserta didik membutuhkan\r\nmedia gambar berbasis permainan pada ragam budaya tari tradisional, makanan\r\ntradisional, pakaian adat, dan senjata tradisional. Tujuan dari penelitian ini untuk:\r\n(1) Mengetahui pengembangan media gambar berbasis kuartet pada pembelajaran\r\npendidikan pancasila materi keragaman budaya Indonesia di kelas V SD Gugus 2\r\nKapanewon Kretek Kabupaten Bantul; (2) Membuat media gambar berbasis kuartet\r\npada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya Indonesia yang\r\nlayak digunakan kelas V SD Gugus 2 Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul; (3)\r\nMembuat media gambar berbasis kuartet pada pembelajaran Pendidikan Pancasila\r\nmateri keragaman budaya Indonesia yang praktis digunakan kelas V SD Gugus 2\r\nKapanewon Kretek Kabupaten Bantul.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan\r\n(Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and\r\nGall. Tahapan yang dilakukan peneliti yakni penelitian dan pengumpulan data,\r\nperencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba\r\nlapangan awal, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan hasil uji coba\r\nlapangan utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di 5 Sekolah\r\nDasar Gugus 2 wilayah Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul yaitu SDN Cimpon,\r\nSDN Tirtosari, SDN Tirtohargo, SDN Karen, dan SDU Muhammadiyah Kretek.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, wawancara,\r\nangket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif berupa reduksi\r\ndata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis data kuantitatif\r\ndengan menggunakan rumus persentase.\r\nHasil dari pengembangan media pembelajaran kartu kuartet dinyatakan\r\nlayak dan sangat praktis untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V Sekolah\r\nDasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media dengan memperoleh\r\npersentase 83% kategori layak dan validasi materi dengan memperoleh persentase\r\n82% dalam kategori layak. Hasil perolehan persentase pada uji coba lapangan\r\nutama 95% dari guru dengan kategori sangat praktis dan memperoleh 90% dari\r\nsiswa dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media\r\npembelajaran ini layak dan praktis sehingga direkomendasikan untuk pembelajaran\r\nPendidikan Pancasila kelas V Sekolah Dasar.\r\nKata Kunci : Keragaman Budaya Indonesia, Pendidikan Pancasila, Pengembangan\r\nMedia, Siswa Kelas V SD"^^ . "2024-10-03" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Nur"^^ . "Aisyah"^^ . "Nur Aisyah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KUARTET PADA\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN\r\nBUDAYA INDONESIA DI KELAS V SD GUGUS 2 KAPANEWON\r\nKRETEK KABUPATEN BANTUL (Text)"^^ . . "HTML Summary of #83523 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KUARTET PADA \nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN \nBUDAYA INDONESIA DI KELAS V SD GUGUS 2 KAPANEWON \nKRETEK KABUPATEN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Kebudayaan"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .