relation: http://eprints.uny.ac.id/83522/ title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN BABADSARI KECAMATAN KUTOWINANGUN MENGGUNAKAN METODE SQ3R creator: Dini, Naufan Alfa subject: Bahasa dan Sastra Indonesia subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kelas IV SDN Babadsari tentang keterampilan membaca intensif siswa khususnya dalam menemukan ide pokok suatu teks bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan hasil keterampilan membaca intensif siswa menggunakan metode SQ3R pada muatan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri Babadsari Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan PTK kolaboratif. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahap dalam penelitian meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Babadsari yang beralamat di Babadsari, Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah. Jumlah subjek penelitian yaitu berjumlah 28 siswa dengan 12 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Penelitian berhasil apabila ≥75% dari jumlah siswa tuntas yaitu berada pada kategori baik dan atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca intensif siswa pada pra tindakan sebesar 46,42 mengalami kenaikan sebanyak 4,4 menjadi 50,82. Siklus II juga mengalami kenaikan dari 50,82 menjadi 78,96 kenaikan terjadi sebesar 28,14 dimana angka tersebut sudah bisa disebut sebagai kriteria yang baik. Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan akan membaca intensif siswa seperti untuk memudahkan mereka dalam mencari ide pokok atau gagasan utama dari suatu teks bacaan. Siswa sebaiknya tetap memerhatikan arahan dari guru dan guru dalam pembelajarannya dapat menggunakan metode SQ3R. Kata kunci: intensif, keterampilan, membaca, SQ3R date: 2024-10-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/83522/1/SKRIPSI%20LENGKAP_Naufan%20Alfa%20Dini_18108241109.pdf identifier: Dini, Naufan Alfa (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN BABADSARI KECAMATAN KUTOWINANGUN MENGGUNAKAN METODE SQ3R. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.