<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER KELAS VI\r\nDI SD NEGERI SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN\r\nKABUPATEN BANTUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial siswa slow\r\nlearner di SD Negeri Sonosewu. Bentuk interaksi sosial yang teliti berupa\r\nkerjasama, akomodasi, asimilasi, persaingan, kontravensi, dan pertentangan.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi karena interaksi sosial yang dilakukan siswa slow\r\nlearner kelas VI di SD Sonosewu cenderung kurang baik.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan\r\ntriangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model\r\nMiles dan Huberman.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial kerja sama\r\nsiswa slow learner masih kurang baik dalam melaksanakan piket kelas, kurang\r\nberkontribusi dalam kerja kelompok, tidak membantu dalam kerja bakti, serta kerja\r\nsama yang baik dalam membantu teman yang kesulitan. Siswa slow learner\r\nmenunjukkan bentuk akomodasi yang baik dalam memisahkan teman yang\r\nbertengkar dan tidak memaksakan pendapat, serta akomodasi kurang baik dalam\r\nmengganggu teman beribadah dan tidak mengakui kesalahannya. Siswa slow\r\nlearner menunjukkan bentuk asimilasi yang kurang baik dalam kurang\r\nmenghormati warga sekolah dan melanggar peraturan sekolah, serta asimilasi yang\r\nbaik dengan menggunakan bahasa Indonesia dan tidak memilih teman. Siswa slow\r\nlearner menunjukkan bentuk persaingan yang kurang baik dalam memperoleh nilai\r\nyang baik dan memiliki alat sekolah, serta menunjukkan persaingan yang baik\r\ndalam mencari perhatian guru. Siswa slow learner menunjukkan bentuk\r\nkontravensi yang kurang baik dengan tidak menerima kritikan dan menyalahkan\r\norang lain, serta kontravensi yang baik dengan tidak suka menggosip. Siswa slow\r\nlearner menunjukkan bentuk pertentangan yang kurang baik dengan pernah\r\nberkelahi, saling mengejek, mendapatkan bulllying, dan pernah alfa.\r\nKata kunci: asosiatif dan disosiatif, interaksi sosial, slow learner"^^ . "2024-10-02" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Sukasih"^^ . "Sukasih"^^ . "Sukasih Sukasih"^^ . . . . . . "INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER KELAS VI\r\nDI SD NEGERI SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN\r\nKABUPATEN BANTUL (Text)"^^ . . "HTML Summary of #83514 \n\nINTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER KELAS VI \nDI SD NEGERI SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN \nKABUPATEN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi Sosial"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .