%0 Thesis %9 S1 %A Sukasih, Sukasih %B PGSD %D 2024 %F UNY:83514 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER KELAS VI DI SD NEGERI SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/83514/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial siswa slow learner di SD Negeri Sonosewu. Bentuk interaksi sosial yang teliti berupa kerjasama, akomodasi, asimilasi, persaingan, kontravensi, dan pertentangan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena interaksi sosial yang dilakukan siswa slow learner kelas VI di SD Sonosewu cenderung kurang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial kerja sama siswa slow learner masih kurang baik dalam melaksanakan piket kelas, kurang berkontribusi dalam kerja kelompok, tidak membantu dalam kerja bakti, serta kerja sama yang baik dalam membantu teman yang kesulitan. Siswa slow learner menunjukkan bentuk akomodasi yang baik dalam memisahkan teman yang bertengkar dan tidak memaksakan pendapat, serta akomodasi kurang baik dalam mengganggu teman beribadah dan tidak mengakui kesalahannya. Siswa slow learner menunjukkan bentuk asimilasi yang kurang baik dalam kurang menghormati warga sekolah dan melanggar peraturan sekolah, serta asimilasi yang baik dengan menggunakan bahasa Indonesia dan tidak memilih teman. Siswa slow learner menunjukkan bentuk persaingan yang kurang baik dalam memperoleh nilai yang baik dan memiliki alat sekolah, serta menunjukkan persaingan yang baik dalam mencari perhatian guru. Siswa slow learner menunjukkan bentuk kontravensi yang kurang baik dengan tidak menerima kritikan dan menyalahkan orang lain, serta kontravensi yang baik dengan tidak suka menggosip. Siswa slow learner menunjukkan bentuk pertentangan yang kurang baik dengan pernah berkelahi, saling mengejek, mendapatkan bulllying, dan pernah alfa. Kata kunci: asosiatif dan disosiatif, interaksi sosial, slow learner