%T PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD N MARGOYASAN YOGYAKARTA %D 2024 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan metode role playing pada siswa Kelas IV SD N Margoyasan Yogyakarta; (2) mengetahui peningkatan hasil sikap percaya diri siswa Kelas IV SD N Margoyasan Yogyakarta melalui penggunaan metode role playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Margoyasan yang berjumlah 26 siswa. Teknis pengumpulan data adalah observasi dan skala. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta skala percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa lebih aktif, antusias, berani tampil di depan kelas dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Penerapan metode role playing dengan guru membagi kelompok sekaligus peran tokoh untuk setiap siswa, penentuan ketua pada setiap kelompok, memberikan naskah role playing beberapa hari sebelum pembelajaran berlangsung, dan memberikan penghargaan untuk memotivasi siswa dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa. Hasil percaya diri siswa kelas IV SD N Margoasan pada prasiklus yaitu 4 siswa (15,38%) meningkat menjadi 11 siswa (42,31%) pada siklus I, kemudian meningkat lagi pada siklus II mencapai 20 siswa (76,92%) berada pada kepercayaan diri dengan kategori tinggi. Kata kunci: metode role playing, pembelajaran Bahasa Indonesia, percaya diri %A Alifah Amrinada %L UNY83503