TY - THES N2 - Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPAS, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPAS, dan 3) pengaruh variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPAS siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul sejumlah 144 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket. Uji validitas menggunakan penilaian ahli. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel X1 memiliki nilai t hitung 2,404 > 1,976 sehingga terdapat pengaruh signifikan variabel variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPAS. Pada variabel X2 memiliki nilai t hitung 6,755 > 1,976 sehingga diartikan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPAS. Berdasarkan uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 26,572 > 3,06 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan variabel variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPAS. Jika dilihat dari nilai Adjusted R Square 0,263 yang menunjukkan bahwa variabel variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 26,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: variasi gaya mengajar, motivasi belajar, prestasi belajar, sekolah dasar Y1 - 2024/10/01/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Prastiwi, Yosi TI - PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 4 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY83479 UR - http://eprints.uny.ac.id/83479/ ER -