TY - THES TI - Keefektifan Manajemen Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan XYZ Kota PQR AV - public KW - efektifitas manajemen KW - supervisi akademik ID - UNY8333 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/8333/ Y1 - 2012/05/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan manajemen supervisi akademik, kesulitan yang muncul, dan upaya yang dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan populasi 13 SD Negeri se Kecamatan XYZ Kota PQR. Semua kepala sekolah dijadikan subyek penelitian (populasi); sedangkan guru diambil dengan teknik proportional random sampling sejumlah 51 orang. Data pada penelitian ini diambil dengan angket dan pencermatan dokumen sebagai cara utama, serta wawancara sebagai pendukung atau cross cheek. Uji validitas instrumen dengan menggunakan Pearson Correlation. Analisis data menggunakan deskriptif kuantatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik pada kategori cukup efektif; (2) Pelaksanaan supervisi akademik pada kategori kurang efektif; (3) Tindak lanjut supervisi akademik pada kategori kurang efektif. Secara umum manajemen supervisi akademik oleh Kepala SD Negeri se Kecamatan XYZ Kota PQR pada kategori cukup efektif. (4) Kesulitan yang dihadapi adalah kepala sekolah yang kurang profesional dan birokrasi yang rumit. (5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan antara lain: meningkatkan kompetensi melalui partisipasi aktif dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah pembinaan profesional dan peningkatan mutu pendidikan, mengikuti workshop dan seminar peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan, serta mengangkat tenaga administrasi/tata usaha sekolah secara mandiri. A1 - Dewi, Partini PB - UNY ER -