%0 Thesis %9 S1 %A Lestyowati, Iin Wanda %A Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:83322 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K disiplin belajar, hasil belajar PJOK %T Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pjok Kelas VII di SMP N 1 Madiun %U http://eprints.uny.ac.id/83322/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VII di SMP N 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan metode penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP N 1 Madiun dengan jumlah 256 peserta didik dan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, kemudian untuk uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa telah diperoleh nilai ratarata disiplin belajar peserta didik kelas VII di SMP 1 Madiun sebesar 96.58 pada persentase 91.02% atau pada kategori disiplin Hasil belajar peserta didik rata-rata data sebesar 92.55 pada persentase 90.63% atau pada kategori tinggi. Adapun berdasarkan harga koefisien korelasi sebesar 0,739 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya menunjukan hubungan yang kuat dan signifikan. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VII di SMP N 1 Madiun. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd.