%0 Thesis %9 S1 %A Hermawan, Mokh. Arief %A Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:83319 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K guru, kurikulum merdeka, model pembelajaran, pendidikan jasmani %T Implementasi Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka oleh Guru Penjas di SMP Islam Terpadu LHI Banguntapan-Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/83319/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru penjas di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Lukman Hakim Internasional (SMPIT LHI) Banguntapan-Yogyakarta. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Responden berjumlah 3 orang, 2 orang guru penjas dan 1 waka kurikulum. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu protokol wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru penjas sudah menerapkan sesuai dengan sistematika mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru penjas belum semua memiliki pemahaman yang mendalam terhadap berbagai macam model pembelajaran, sehingga terdapat kecenderungan penerapan model pembelajaran yaitu PJBL dan PBL pada Kurikulum Merdeka; (2) Guru penjas mengalami kendala kurang maksimalnya pemanfaatan sarana dan prasarana teknologi pembelajaran yang kurang dikuasai, dan pemenuhan administrasi yang cukup banyak; (3) Kendala yang dialami diatasi dengan cara komunikasi kepada sesama guru dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Guru memberikan menanamkan karakter yang meliputi taqwa kepada Tuhan, berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif dan tanggung jawab. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd.