TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan siswa inklusi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada kelas V dan VI SD Negeri 2 Sukorejo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data sesuai dengan bentuk pendekatan penelitian kualitatif dan sumber daya yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan internal yang dialami siswa inklusi dalam pembelajaran PJOK sendiri hampir sama yaitu belum terlatih motoriknya dan kurangnya minat dan bakat terhadap olahraga atau pembelajaran PJOK, sehingga menjadi hambatan tersendiri bagi siswa inklusi dalam pembelajaran PJOK. Sedangkan hambatan eksternal yang dialami siswa inklusi dalam pembelajaran PJOK sendiri juga hampir sama yaitu kurangnya motivasi dan dukungan orang tua terhadap olahraga atau pembelajaran PJOK, serta sekolah belum terlalu menerapkan pendidikan inklusi yang sesuai dengan tujuan pendidikan inklusi. Y1 - 2024/07/15/ N1 - Dosen Pembimbing: Abdul Mahfudin Alim, M.Or. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Zuranda, Giwa Tites KW - hambatan eksternal KW - hambatan internal KW - inklusi ID - UNY83317 AV - public TI - Hambatan Siswa Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Kelas V dan VI SD Negeri 2 Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2023/2024 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/83317/ ER -