%T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBE LAJARAN KINETIKA KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI IPAPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBE LAJARAN KINETIKA KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI IPA %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %L UNY8329 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran kinetika kimia untuk SMA/MA kelas XI IPA. Komponen perangkat pembelajaran yang disusun terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Handout, Soal Evaluasi dan Jawaban, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Media Pembelajaran (Powerpoint). Tahap pertama, perangkat pembelajaran ditinjau oleh 3 orang peer reviewer, selajutnya produk revisi I ditinjau oleh seorang ahli materi dan ahli media yaitu dosen pembimbing, dan akhirnya hasil perangkat pembelajaran yang disebut produk revisi II dinilai oleh 5 orang reviewer, yaitu guru kimia dari SMA di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. Penilaian perangkat pembelajaran dilakukan dengan cara mengisi instrumen penilaian perangkat pembelajaran kinetika kimia untuk SMA kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkualitas Baik (B); Handout serta soal evaluasi dan jawaban berkualitas Sangat Baik (SB); Lembar Kerja Siswa (LKS) berkualitas Sangat Baik (SB); dan Media pembelajaran (Powerpoint) berkualitas Sangat Baik (SB). ABSTRAK %A Bambang Bambang