%0 Thesis %9 S2 %A Ardiansyah, Faiz Afnan %A Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., %B Pendidikan Jasmani %D 2024 %F UNY:83257 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K bola voli, keterampilan, pemahaman, video pembelajaran %T Pengembangan Media Video Pembelajaran Bola Voli Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Teknik Dasar Peserta Didik SMP Kelas VII %U http://eprints.uny.ac.id/83257/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi bola voli untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknik dasar servis bola voli peserta didik SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Model yang dipakai dalam pengembangan yaitu mengadopsi metode ADDIE (analyze, design, develop,implementation and evaluation). Uji validasi pada penelitian ini dilaksanakan melalui tiga ahli yang mencakup ahli materi, ahli media dan ahli soal. Jumlah subyek pada Uji coba skala kecil (32 responden), skala besar (96 responden) dan uji efektivitas (32 responden). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan soal pilihan ganda. Teknik analisis data pada uji validasi menggunakan analisis Aiken V, angket uji kelayakan dianalisis menggunakan skala likert. Uji efektivitas dianalisis menggunakan paired t-test. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran bola voli untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknik dasar peserta didik SMP Kelas VII. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 0.9 dengan kategori sangat tinggi, ahli media mendapatkan rata-rata skor 0.88 dengan kategori sangat tinggi, ahli instrumen soal mendapatkan skor rata-rata 0.95 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas instrument materi, media, dan soal secara berturut-turut bernilai 0.976, 0.895, dan 0.982 maka instrumen dinyatakan reliabel. Hasil uji skala kecil dinyatakan layak dengan persentase rata-rata 80%. Hasil uji skala besar meningkat menjadi sangat layak dengan persentase rata-rata 90%. Hasil uji efektivitas pemahaman peserta didik pada teknik dasar bola voli mendapatkan nilai signifikansi uji t-test sebesar 0.000, dan hasil keterampilan teknik dasar bola voli memiliki signifikansi sebesar 0.000, maka dapat dinyatakan bahwa media video yang dikembangkan efektif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran bola voli dinyatakan valid, reliabel, layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknik dasar peserta didik SMP kelas VII. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.